Rabu, 18 Oktober 2017

Apa itu Blog? Pengertian, Istilah dan Fungsi Blog

Tags

Pernahkah kamu mencari sesuatu di mesin pencarian, entah itu foto, materi/makalah, jawaban, tips, trik dan sebagainya? Pasti pernah bukan. Daftar alamat situs/web yang muncul atau kamu temukan di mesin pencarian google beberapa mungkin dari hasil tersebut adalah Blog.

Ngeblog-itu-menyenangkan

Apa Itu Blog?


Dari sini saya dapat simpulkan bahwa Blog adalah sebuah tempat yang berisikan artikel,makalah,materi,tips dan trik, foto, serta konten lainnya yang disusun rapi oleh kode - kode, seperti CSS,HTML,Java Script dan masih banyak lagi.

Selain itu Blog juga dapat didefinisikan sebagai tempat untuk mencurahkan segala sesuatu, pemikiran, ide atau gagasan - gagasan, materi, kedalam bentuk tulisan berupa teks hasil ketikan.

Istilah Dalam Dunia Blog


Adapun istilah - istilah yang sangat unik , menarik serta sebagai perlambangan untuk melakukan sesuatu. Salah satu istilas dalam dunia blogging:

Artikel atau Konten Postingan Blog
Artikel atau konten postingan blog adalah hasil akhir dari aktifitas mengumpulkan referensi,ide atau gagasan yang berserakan di mana - mana, lalu di kelolah mana yang pas untuk dijadikan bahan topik di blog. Mencatat poin penting dari hasil pengamatan dan apa yang dibaca, lalu dipilah lantas poin penting tersebut di kembangkan agar menjadi sebuah tulisan yang di tulis ke dalam tulisan tangan. Proses akhirnya adalah merapikan hasil tulisan tangan tersebut dengan cara mengetik, menyimpan dan dibaca ulang hingga pas dan enak dibaca lantas dipublikasikan dan disajikan untuk para pembaca.

Artikel atau konten postingan blog dapat didefinisikan sebagai hasil dari pemikiran dalam bentuk tulisan yang dibuat oleh blogger.

Blogger
Seperti halnya publisher, creator, administrator, dan masih banyak lagi. Kata blogger sendiri berasal dari nama sebuah situs yakni situs yang di pegang oleh prusahaan google yakni Blogger.com , dari situlah nama blogger mulai digunakan dan diartikan sebagai istilah untuk orang - orang yang sedang menjalani dan melakukan blogging.

Blogging
Bingung ya apa itu blogging? Blogging sendiri merupakan sebuah istilah yang berarti aktifitas - aktifitas dalam dunia blog, seperti membuat postingan, mengatur tampilan blog, menyetel pengaturan dasar blog, blogwalking,dan masih banyak lagi.

Blogwalking
Blogwalking sendiri berasal dari dua akar kata yakni Blog dan walking. Blog adalah tempat berkumpulnya berbagai informasi dan Walking sendiri berarti mengunjungi, atau berkunjung. Bila disatukan maka blogwalking berarti Berkunjung atau mengunjungi tempat berkumpulnya berbagai informasi.

Lebih sederhananya, blogwalking itu adalah aktifitas untuk saling mengunjungi blog milik para blogger lainnya. Lalu melakukan yang namanya berkomentar dan menanggapi isi dari postingan yang dibuatnya. Tujuannya sediri adalah untuk mencari bahan postingan,mencari backlink serta mencari visitor atau pengunjung dari blog yang dikunjungi.

Dan masih banyak lagi istilah - istilah yang mungkin belum saya sebutkan di atas. Ya tidak apa - apa lah segitu aja cukup untuk beradaptasi dalam dunia blogging.

Apa Fungsi Blog?


Fungsi blog sangat banyak dan mungkin tidak bisa saya hitung dengan kedua tangan bahkan kedua kaki saya. Fungsi blog salah satunya sebagai:

Media promosi barang, produk dan jasa
Blog juga bisa difungsikan sebagai tempat untuk promosi. Sebenarnya melalui media sosial kita juga bisa berpromosi barang,produk maupun jasa. Tapi, lewat blog jangkauan pembeli sangat luas, apa lagi blog yang kita buat sudah masuk ke jajaran blog - blog yang masuk ke google. Setiap artikel menempati posisi awal hasil pencarian. Waduh tidak bisa dibayangkan lagi, mungkin pembeli bisa bajibun alias buanyak.

Media untuk menyalurkan inspirasi
Segala sesuatu yang muncul dibenak kita berupa inspirasi dan ide tulisan dapat kita catat menggunakan buku? Apakah masih jaman menulis artikel di buku? Biar lebih kekinian maka cobalah ngeblog. Suka buat puisi, cerpen dan karya ilmiah lainnya? Coba deh publikasikan ke blog. Bila banyak pengunjungnya maka kesempatan untuk mendapatkan uang dari internet besar. Caranya cukup mudah yakni dengan cara memasang iklan - iklan seperti iklan dari adsense dan alternatif adsense lainnya.

Media curhat tentang masalah kehidupan
Putus? Gagal move on? Jomlo apa lagi jones? Masih jaman nangis dan merengek mau curhat sama temen? Hadeh biar kamu tenar sekalian pakai blog sebagai media curhat. Dijamin kamu pasti cepat move on, bisa jadi dapat pacar bahkan dapat duit.

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page

16 komentar

iya blog sangat berguna buat appun jual jasa, dagang dan lain-lain

Blog jg bsa dibilang media utk belajar min, belajar nulis dll

Saya lebih ke berbagi apa saja yg sudah saya peroleh.. hehe

Oke gan sama - sama ,, trimakasi atas kunjungannya gan

Mantav dari mananya gan? :'v wkwkwk tq atas kunjungannya ea

Iya betul katan agan martin, satu lagi juga berfungsi sebagai tes pikiran :3

Yoi gan semangat terus gan berbagi postingannya, postingan agan juga sangat mantav dibaca

Hampir sama gan soalnya blog itu berasal dari kata web log. Tapi blog dan web pisah. Kalau blog itu masih pake subdomain dan masih bertengger di blog builder. Kayak ini masih numpang sama blogger. Kalau web udah mandiri gan pake hosting,cpanel,dll pokoknya mandiri kayak fb,gogel,dkk

Keren artikelnya menarik,inspirasi dari mana gan nulis artikes sebanyak itu


EmoticonEmoticon